Cara Mengamankan Data Blackberry

Cara++Ampuh+Mengamankan+Data+Blackberry
image source : us.blackberry.com
Cara Mengamankan Data Blackberry – Anda tentu menyimpan informasi berharga di BlackBerry, seperti data relasi bisnis, email-email penting, hingga file-file berharga Anda. Untuk itu, menjaga keamanan BlackBerry tentu menjadi sangat penting buat, demi menjaga kerahasiaan file pribadi hingga mencegah kehilangan data yang penting bagi Anda.

Cara sederhana bisa dilakukan misalnya dengan tidak meninggalkan BlackBerry Anda tanpa pengawasan, namun disamping itu tentu ada cara yang bisa dilakukan untuk menggandakan keamanan data di BlackBerry Anda, berikut diantaranya.

1. Gunakan Password
Hal ini penting guna menghindari orang lain mengakses data yang dimiliki di BlackBerry tanpa seizin Anda. Untuk memasang Password pada BlackBerry Anda, buka Options>Security>Password, kemudian beri tanda pada pilihan Enable. Klik Set Pasword, masukkan kata kunci sesuai keinginan Anda, ulangi pada kolom Verify New Password.

Secara default Anda diberi kesempatan untuk melakukan kesalahan hingga 9 kali, dan BlackBerry Anda akan diamankan dengan password secara otomatis setelah tidak digunakan dalam 30 menit. Anda bisa mengubah pengaturan tersebut pada menu Password. Tekan tombol back, klik Save.

2. Aktifkan Enkripsi Pada Kontak dan File
Untuk melakukannya, Buka Options>Security>Encryption, tandai bagian Encrypt. Centang pilihan kontak dan Media File. Tekan tombol back, klik Save.

3. Backup Data Ke Komputer
Anda memerlukan Blackberry dekstop software untuk membackup data Blackberry anda ke komputer.  program ini bisa di unduh gratis pada http://id.blackberry.com/services/dekstop/ Jalankan Blackberry dekstop software, klik ” backup now

4. Backup Data ke Kartu Memori
Selain menyimpan data backup di komputer, tidak ada salahnya menyimpan data backup ke media penyimpanan eksternal Anda. Caranya, dari menu utama klik Setup>Device Switch>Using a Media Card> Save Data. Klik Continue, masukkan kata kunci pada kolom Password dan ulngi pada kolom Confirm. Klik Save, tunggu hingga proses backup selesai.

Data yang Anda simpan di komputer maupun kartu memori dapat di restore kembali atau dipindahkan ke perangkat BlackBerry lain saat dibutuhkan.

5. Perlakukan Blackberry Anda seperti sebuah PC.

Anda tidak akan belanja online, membuka lampiran e-mail dan memeriksa rekening bank Anda di PC tanpa mengaktifkan proteksi firewall, antivirus dan anti-malware bukan? Nah, mengapa tidak melakukan hal yang sama di Blackberry? Sebuah Blackberry pada dasarnya adalah sebuah komputer mini.

Salah besar jika Anda berasumsi bahwa virus dan malware tidak menjadi masalah di Blackberry. Satu-satunya alasan mengapa kita belum mendengar penyebaran infeksi virus di Blackberry adalah karena sifat malware yang berubah. Dulu infeksi dilakukan untuk bersenang-senang dan pamer. Sekarang tindak kejahatan itu berlatar belakang keuangan.

Tanpa software yang bisa men-scan masalah dan memperbarui definisi virus, pemilik Blackberry diam-diam telah diinfeksi virus. Yang menakutkan, begitu menurut riset Smobile Systems, malware yang paling banyak menjangkiti Blackberry adalah spyware. Padahal spyware bisa mengintai setiap e-mail dan pesan SMS yang keluar dan masuk Blackberry. Bahkan dapat secara remote menghidupkan telepon dan menguping percakapan yang ada.

6. Jangan ditinggalkan!

Saran ini memang paling masuk akal, tetapi justru juga yang menjadi awal bencana bagi pengguna Blackberry. Maklum Blackberry kecil sehingga bisa dengan mudah ketinggalan di mana saja; di foodcourt, restoran saat Anda meletakannya di meja, ngobrol, lalu melupakannya. Bukan cuma resiko ketinggalan, tetapi juga membuka peluang bagi pencuri, yang dapat saja mengambil data sensitif atau meng-install trojan horse dalam tempo beberapa detik saat memegang perangkat tersebut.

7. Segera Hapus Data & Informasi Anda!
Mengganti sebuah perangkat BlackBerry sama saja seperti menjual mobil bekas. Anda harus memastikan bahwa isinya telah bersih.

– Hilangkan data-data yang ada di dalam BlackBerry Anda. Tetapi, sebelumnya, Anda perlu membuat back-up data-data penting, seperti kontak atau informasi lainnya, ke dalam PC atau laptop Anda dengan menggunakan BlackBerry Desktop Manager. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa kunjungi link berikut.
– Jika Anda memiliki akun BlackBerry Internet Service, segera hubungi operator Anda dan minta mereka untuk menghapusnya. Karena, jika tidak, e-mail-email Anda akan tetap terkirim ke BlackBerry yang lama.
– Jika Anda memiliki perangkat BlackBerry korporat, mintalah kepada administrator TI di kantor untuk memindahkannya sekaligus setting ulang ke BlackBerry yang baru.

8. Lindungi Data & Informasi Anda!
Siapa pun tidak akan ada yang rela jika BlackBerry kesayangannya hilang dicuri. Namun, jika hal itu terjadi, setidak-tidaknya Anda tidak sekhawatir orang yang tidak melakukan tips-tips di bawah ini.

– Pastikan Anda telah memasang password. Bagaimana caranya, silahkan kunjungi link berikut ini. Secara default, seorang pencuri berkesempatan 10 kali untuk memasukkan password yang benar. Kalau begitu, pasanglah password yang sulit dan tidak mudah diingat masyarakat umum. Hindari password ‘ABCD’, ‘1234’, atau sandi sederhana lainnya.

– Gunakan Content Protection untuk mengenkripsi data-data personal yang ada di dalamnya. Anda bisa mengaktifkannya dengan memilih Options -> Security Options -> General Settings.

Ingat, langkah pertama yang harus Anda lakukan jika BlackBerry Anda hilang adalah menghubungi operator Anda untuk menonaktifkan kartu SIM (SIM card). Sementara jika Anda pengguna korporat, segera hubungi admin TI di kanor untuk mengaktifkan fitur-fitur keamanan dari jauh dengan remote dan menghapus data-data penting.

Leave a comment